Sunday, December 30, 2018

[Blog Rewind 2018] Perjalanan Menjadi Beauty Blogger di Tahun 2018

Halo Annyeong


Dua hari lagi lembaran baru di tahun 2019 akan dibuka dan tahun 2018 akan tinggal menjadi kenangan. Ada banyak sekali moment di tahun ini. Ada kesedihan, kecewa, dan banyak senangnya. Sebagai rasa syukur, aku akan menuliskan beberapa perjalananku sebagai blogger (pemula) yang memilih Beauty sebagai niche-nya. Sebelumnya aku juga menuliskan di balik layar menjadi seorang blogger. kalau penasaran bisa langsung cuss ke link yang di bawah yah.

Behind the scene menjadi beauty blogger

Awalnya aku mulai menulis blog itu di tahun 2012 tapi hanya untuk iseng dan galau-galauan. Lalu aku memulai perjalananku menjadi beauty blogger itu di bulan September tahun 2017 dan pertama kalinya ikut blog collaboration pada November 2017.

Januari
Karena sudah ikut blog collaboration kemudian aku mulai coba ikut makeup collaboration juga yang diadakan oleh Komunitas Beautiesquad. Entah mengapa aku begitu percaya diri ikut collab itu mengingat aku belum ada keahlian ber-makeup dan lagi para beauty enthusiast yang ikut dalam collab tersebut pun adalah orang-orang yang sudah terbiasa dengan dunia makeup dan blog. Tapi kalau ingin maju, ya harus belajar mencoba sesuatu yang baru. Alhamdulillah semua bisa ku selesaikan dengan baik dan dari situ pun aku kemudian mengenal banyak beauty blogger/vlogger.
Selain itu aku juga ikut challenge recreate makeup beauty guru yang diadakan KBBV dalam rangka menyambut hari ulang tahun komunitas itu.

Tema Makeup collab Beauiesquad Ultraviolet Makeup

Februari
Bulan Februari aku telat ikut makeup collab karena telat daftar. Jadinya aku cuma makeup sendiri. Saat itu aku belum terlalu produktif membuat konten karena rutinitas di kantor sangat padat serta aku dulunya kalau gak ada deadline ya malas buat konten jadi harus dipaksa. Oh ya bulan Februari itu aku tetap ikut blog collab di KBBV.


Tema Blog collab bareng KBBV

Maret
Di bulan Maret ini aku kemudian diajak bergabung dengan komunitas Beautygoers. Alhamdulillah, aku menganggap ini seperti rejeki karena aku bukan siapa-siapa dan belum apa-apa. Tapi saat itu aku hanya bergabung dan belum ikut makeup collab-nya. Untuk blog aku masih tetap aktif ikut blog collab di KBBV setiap bulan termasuk bulan Maret ini.

Tema Blog collab : 4 rekomendasi beauty online shop andalan

April
Untuk pertama kalinya aku ikut Makeup collab bareng Beautygoers dengan tema Fairy Makeup. Agak bingung sih karena aku belum pernah buat makeup fantasy. Tapi walaupun makeup look ku absurd aku tetap senang bisa ikut berpartisipasi. Selain itu aku juga buat makeup look yang natural dan menulis tentang holy-grail skincare aku di blog aku ini. Di bulan ini juga aku bergabung dengan komunitas beauty di kotaku yaitu Makassar Beautygram (MBG). Perasaanku jangan ditanya, senang banget pastinya
Makeup collab Fairy Makeup

Mei
Aku menghadiri event beauty pertama ku sebagai beauty blogger bareng teman komunitas MBG. Saat itu Ayuindah (founder MBG) yang menjadi pengisi acara bersama Chacha Frederica. Senang sekali rasanya bertemu langsung dengan teman-teman yang mempunyai passion yang sama dan disatukan dalam komunitas. Aku juga ikut makeup collab lagi bareng Beautygoers.

Event beauty pertama ku dan bertemu dengan kak Chacha Frederica

Juni
Karena sudah menjelang hari raya Idul Fitri aku membuat makeup look yang simple untuk lebaran. Ini juga sedang dalam rangka ikut collab post dengan KBBV, Beautygoers serta Korean Makeup look yang berkolaborasi bareng MBG. Sayangnya handphone aku rusak padahal itu satu-satunya media yang aku pakai untuk foto. Alhamdulillah aku dapat atasi dengan meminjam handphone adik aku. Selain itu di bulan Juni ini aku ikut project kerjasama dengan brand.

Simple Makeup Untuk Lebaran

Beautygoers Makeup Collab Tema Summer

Juli
Di bulan Juli setelah Idul fitri aku mulai semakin produktif. Produk yang aku pakai dan aku rasa bisa di-review aku ulas dalam tulisan di blog. Aku juga ikut makeup collab bareng teman-teman MBG. Selain itu alhamdulillah aku diberi kesempatan untuk hadir dalam launching produk kosmetik yang dihadiri oleh teman-teman blogger di kota Makassar. Oh ya, di bulan ini juga aku join kelas pertama MBG.
Menghadiri event produk kosmetik

Kelas Pertama MBG

Agustus
Bulan Agustus aku ikut makeup collab bareng teman-teman MBG dan Beautygoers. Karena bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan maka tema makeup-nya gak jauh jauh dari situ. selain itu aku juga diberi kepercayaan untuk ikut projek dengan brand kosmetik bareng Beautygoers.

MBG Makeup Collab. Tema : Independence Day Makeup

September
Bulan September aku mengikuti 3 event.Yang pertama di awal bulan adalah event sebuah produk Fashion yang belakangan sudah merambah ke kosmetik juga. Yang kedua di pertengahan bulan dan salah satu bintang tamunya adalah Ayana Jihye Moon, selegram asal Korea. Yang terakhir di akhir bulan, event launching cabang kedua Beauty Clinic yang sudah dikenal banget di Indonesia.


Menghadiri event Launching Beauty Clinic

Oktober
Di bulan Oktober ini aku agak sedikit berjuang karena handphone aku kemabali rusak padahal aku lagi buat makeup collab bareng Beautygoers dan projek bareng MBG. Untuk projek dengan MBG aku hampir saja telat dengan deadline yang telah ditentukan tapi alhamdulillah bisa teratasi dengan baik. Sedangkan untuk makeup collab bareng Beautygoers aku tetap buat makeup kemudian meminjam handphone adikku untuk berfoto. Selama handphone ku rusak aku hanya berkomunikasi lewat email dan chat messenger dengan membuat akun baru dengan meminjam handphone adik ku.

Beautygoers Halloween Makeup. Ini Makeup SFX Pertama ku. Masih Amatiran

Ikut Projek Bareng MBG

November
Di bulan November ini aku kembali ikut makeup collab dan blog collab bareng teman teman Beautygoers. Aku memang lumayan rajin ikut collab di kedua komunitas aku ini karena keduanya benar benar mendorong member di dalamnya untuk aktif membuat konten. Nah blog collab Beautygoers bulan ini tuh agak menantang dengan tema "100K Makeup Challenge" dan alhamdulillah aku bisa mengompres budget buat makeup.
Makeup Collab Bareng Beautygoers

100K Makeup Challenge Blog Collab Bareng Beautygoers

Desember
Akhirnya sampai di penghujung tahun. Aku masih ikut makeup collab bareng Beautygoers, MBG dan Beautysecretsquad. selain itu MBG kembali mengadakan kelas kedua namun sayangnya aku berhalangan untuk join padahal ada member baru dari kelas itu dan kelasnya seru banget. Walaupun begitu alhamdulillah aku diberikan kesempatan ikut projek bareng dengan MBG.

New Years Makeup Collab Bareng Beautygoers

Natural Makeup Collab Bareng MBG

Beautygoers Blog Collab Tema Favorite Skincare dan Makeup di Tahun 2018

Rasanya baru kemarin aku memberanikan diri masuk ke dalam dunia beauty yang sama sekali baru bagiku. Aku masih sangat amatir dalam makeup dan juga blog. Tapi orang orang di dua komunitas yang menerimaku ini lah yang selalu memberi semangat, dorongan dan membesarkan ku. Bukan hanya itu, orang orang yang mengerti keadaan ku dan selalu memberi doa terbaiknya untuk ku pun yang membuat ku sampai ke titik yang patut ku syukuri ini. Mereka semua luar biasa

Sekian dulu postingan aku kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi semangat juga buat kamu.
See you on my next post. Annyeong 

34 comments:

  1. Terharu baca postingannya kak afni, menginspirasiku untuk berbuat hal yang sama. Recreate blog post boleh kak?😍😍 semangat terus kak afniku������

    ReplyDelete
  2. Makasih samara ku😘😘 boleh recreate kok. Post ini juga ku tujukan buat kalian teman2 yang men-support ku ♥️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah kurecreate kak dan jujur di saat nge draft bikin mewek dikit wkwk. Btw semangat kak afniii semoga lebih sukses dan produktif di 2019 aamiin💜

      Delete
  3. Seru dan terharu baca ceritanya kak afni 😭😍 semoga thn 2019 lbh baik ya kak 😘 mau buat ginian jg tapi sepertinya akan panjang kalo diceritakan wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deh betul2 kayak curhat😂😂 belum pi apa2 ini nis. Kalo nisa mungkin akan panjang banget krn banyak pengalamannya

      Delete
  4. Terharu bacanyaa☺️☺️😭 smoga di tahun 2019 lebih baik lagi kak afni😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih jeje😘😘 aamiin ya allah. Semoga tahun 2019 kita semua lebih baik lagi

      Delete
  5. Keren Afni, sampai dibuat highlight perbulan ya 😊. Terus kekeuh banget membuat konten meskipun hp rusak dan harus pinjam punya adek, keren banget ,dan ngjleb diaku yang selalu cari cari alasan belum punya ini-itulah membuat konten. Semoga di tahun 2019 kita semakin rajin menulis di blog dan membuat konten ya.

    ReplyDelete
  6. Hehe iya kak karna nda punya kamera jadi yang diandalkan cuma hp😅 Aamiin makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh kamera, saya juga belum punya itu. Dan mau sekali punya, huhuhu... nabung nabung nabung

      Delete
  7. Mantap sekali pencapaiannya Afni selama tahun 2018.
    Semoga di tahun 2019 makin produktif dan sukses dengan karyanya.

    ReplyDelete
  8. keren.. salut sama perjuangannya. juga ketekunan menuliskan detail perjalanannya per bulan..

    ReplyDelete
  9. Ngerinya sy liat make up yg horor diatas, hehehe

    Kayak costplay mi sy liat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe karna temanya halloween kak. Asal buat ja itu😅

      Delete
  10. Perjuangan panjang ya, dan saya yakin hasilnya tidak akan sia-sia.
    Jadi ingat, awal2 bloger muncul belum ada bayangan suatu hari nanti ada yang namanya beauty bloger. tapi zaman memang berubah, tuntutan juga berubah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih.
      Iye makin ke sini beauty industri makin berkembang kak😊

      Delete
  11. Luar biasa perjalanannya setahun ini. Semoga tetap semangat. Kayaknya enak jadi Beuaty blogger. selalu terlihat cantik dan segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kak makasih. Semoga semangatnya terus ada.

      Delete
  12. Perjalanannya tahun 2018 panjang juga ya kak.. Mencoba hal hal baru.. tapi dari jan hinggan des, yang menjadi hasil makeup favoritku adalah yang hallowen hehe

    ReplyDelete
  13. MBG itu kepanjangannya apa? Apa saya yang tetlewat ya?

    Well dari kisah ini menunjukkan bahwa Ani pembelajar yang cepat berproses. Kalau kemauannya kuat, bisa mendapatkan yang diinginkan. Semoga dalam semua sisi demikian ya, Afni. Terima kasih inspirasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MBG itu Makassar beautygram kak😊
      Aamiin kak..semoga apa yang dicita-citakan bisa tercapai. Alhamdulillah kalau bisa menginspirasi

      Delete
  14. Kisahnya menginspirasi banget �� di balik beauty Blogger pasti ada peejuangan yang gak main-main, semangat terus berkarya kak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih. Alhamdulillah kalau bisa menginspirasi

      Delete
  15. Salut sama perjuangannya mbak. Ini membuktikan bahwa semuanya memang butuh proses, gak ada yang instan.

    Semoga makin sukses menjadi beauty blogger kedepannya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..makasih banyak kak. Semoga bisa konsisten terus dalam berkarya

      Delete
  16. Keren deh perjalanannya jadi beauty blogger. Semoga selalu semangat bikin konten, karena dari beauty blogger seperti Afni ini saya belajar banyak tentang dunia per-beauty-an. 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga tetap semangat kak. Terima kasih

      Delete
  17. Perjalanan panjang menuju Beauty Blogger, next goalsnya apa nih di tahun 2019?

    Btw, Afni datang ternyata dih di event maxi peel, Saya juga,tapi waktu itu belum kenal ya? Eh sekarang pun belum pernah ketemu sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2019 rencana merambah ke youtube kak. Semoga dimudahkan😊
      Iye kak tapi nda ku tau pi yang mana kita😄Yang paling saya ingat cuma kak Abby sama kak Qiah. Semoga next event kita bisa ketemu lagi kak

      Delete
  18. Kata orang bijak tidak ada usaha yang mengkhinati hasil. Perjalanan panjang biasanya memberikan banyak pelajaran... Selalu semangant dan selalu dinanti konten-konten kecenya kakak Afny...

    ReplyDelete
  19. Aamiin Makasih kak😊😊 Semoga berbuah hasil dan tetap konsisten berkarya kak

    ReplyDelete