Wednesday, October 24, 2018

Behind the Scene Menjadi Beauty Blogger


Halo annyeong

Alhamdulillah aku kembali lagi dengan tempat yang baru hehe. Iya nih kemarin habis pindahan blog. tapi blog yang lama tetap aktif kok. Mohon supportnya yah di blog baru aku ini. Ngomong ngomong soal blog aku mau sedikit berbagi pengalaman selama berada di dunia perbloggingan ini khususnya beauty yang menjadi niche ku. Jadi kali ini aku mau sharing tentang Behind the Scene seorang blogger.
Menjadi seorang blogger itu tidak seindah dan se-aestetik feed instagram kita, percayalah. Semua melalui usaha dan perjuangan. Aku yakin semua blogger punya effort masing masing agar apa yang mereka tulis itu tersaji dengan epik untuk para pembaca.

Emang sih semua pekerjaan itu butuh usaha (kalau gak pakai usaha bukan kerja namanya, tapi tidur siang) tapi blogging itu juga usahanya gak gampang loh. Aku kadang kesel kalau ada yang bilang “jadi beauty blogger enak banget yah dikasi-kasi produk” aku hehe-in aja kalau ada yang bilang begitu. 

Aku mau curhat sedikit. seperti yang aku bilang di atas kalau aku baru pindahan blog. Jadi awalnya aku menulis di afnidinna.wordpress.com kemudian aku beli domain tapi ternyata memasang domain di blog lama aku itu agak susah jadi aku putuskan untuk membuat blog baru. nah di sini lah rumah baru ku untuk menulis. bagian tersedihnya adalah aku harus mengulang apa yang aku kerjakan selama setahun ini dari nol lagi. Tapi aku pikir dari pada semakin lama semakin sulit mending aku pindah dari sekarang mumpung blognya belum besar besar amat. Itu tadi selentingan curhatan aku, ke bawah bawah masih banyak lagi :D Jangan lupa di follow yah blog aku ini. sama blog lama ku juga kalau boleh.


Ini dia rumah baru aku untuk menulis. www.afnidinna.com



Oh iya sebelum aku kasi tau panjang lebar apa saja “behind the Scenenya” aku mau kasi tau kalau ini adalah Post collaboration bareng Beautygoers, beauty community kesayangan aku. Ada jug nih temen aku Hani yang sharing tentang "curhatannya" dia. Dikepoin yah tapi habis ini baca sampe habis dulu.
Oke lanjut!!
Pertama
Menentukan konten
Menentukan konten itu gampang gampang susah. Kalau gak ada produk yang bisa direview biasanya aku sharing pengalamanku aja tentang skincare yang pernah aku gunakan atau aku sharing step step makeup yang aku buat biasanya habis makeup collab bareng komunitas (itu kalau gak males). Selesai buat konten lanjut mikir konten berikutnya dan kita harus selalu memikirkan apa yang menarik untuk dibaca. Kalau aku biasanya mencari ide konten dari apa yang saat itu sedang pembaca cari.



Kedua
Menulis kejar deadline hingga kadang begadang
Semua blogger pasti sudah merasakan begadang kejar deadline sampai ada istilah “apa itu tidur” hehe apalagi aku. Pikiran ku lebih tenang dan gampang menuliskan ide ide yang ada di kepala. Soalnya siang itu waktu wkatu sibuk dan ramai jadi gak bisa tenang nulisnya deh


ini pas lagi begadang kerjain deadline mentok mau nulis apa jadinya selca :D


Ketiga
Foto dan Editing

Untuk mendukung tulisan perlu ada foto atau video biar yang baca juga gak bosan dan apa yang ditulis bisa lebih jelas. Di bagian ini tuh bagian yang gak gampang tapi seru juga loh. Biasanya kaki ku suka tremor (gemeteran gitu) nahan berat badan karna posisi yang tidak biasa. Kemarin aja pas ngambil gambar produk posisiku nungging karna angle nya pas habis itu tremor. Mana aku fotonya di teras pula. Setelah foto ada editing juga. Foto yang kurang sempurna diedit misalnya pencahayaannya, tone nya, ukurannya, dll. Tapi cuma edit sebatas itu aja sih gak sampai yang ekstrim ngeditnya. Bagian yang senangnya adalah pas lihat hasilnya yang bisa dibilang memuaskan untuk skill yang pas pasan macam aku ini. Jadi semangat. Aku juga gak mau cepat berpuas diri. Aku harus terus menggali skill dan belajar fotografi biar banyak yang senang lihatnya hehe.

ini proses foto produk. Di balik foto aestetik instagram ada usaha yang tak biasa hehe. karena foto di dalam rumah gelap jadinya foto di teras rumah.

setelah foto produk biasanya langsung diedit
Keempat
Cobain Produk dan Makeup

Sebelum buat review tentu yang harusnya dilakukan pertama kali adalah cobain produk yang akan di-review. Cobain produk itu juga ada suka dukanya. Sukanya kalau cobain produk makeup jadi sekalian main makeup bikin konten. Atau coba skincare dan hasilnya jadi bagus banget. Kalau aku cobain skincare biasanya seminggu sampai dua minggu coba produk tergantung sama kondisi kulit aku karna aku punya jenis kulit oily-acne prone dan sensitif banget menjelang menstruasi. Setelah mencoba dan melihat ada perubahan baru deh aku review. Insya allah aku kasi review dengan jujur berdasarkan hasil yang aku dapatkan. Kalau cobain skin care aku selalu menyampaikan kalau produk itu hasilnya gak selalu sama di setiap orang. Misalkan cocok di aku belum tentu cocok di orang lain begitu pun sebaliknya karena banyak faktor yang memicu hasilnya berbeda. Nah yang gak enaknya nih kalau mau nulis tentang suatu produk tapi pas cobain produknya malah timbul masalah di muka huhu. Tapi dari situ juga aku bisa belajar mana yang cocok dan gak cocok di aku.

Kemudian make up. Sebelum ditulis di blog aku biasanya prakteki make up nya dulu kan.  nah sebelumnya itu persiapannya udah banyak banget dari mulai lampu, posisi kamera sama background di belakang, sehari sebelumnya harus cuci perlengkapan make up dulu terus makeup paling gak ada sejam. Pokoknya prosesnya lama. Setelah sudah make up dan foto foto dari berbagai angle, kemudian hapusin make up. Bagian yang ini sih gak enakin yah. Gak rela aja persiapan lama lama, make up nya juga perjuangan kemudian setelah itu dihapus. Gak dihapus ujung ujung jadi jerawat. Mau gak mau dihapus deh

Habis gambar gambar di muka buat makeup habis itu dihapus. Ekspresi mukanya aja kayak gak rela :D

Kelima
Membagi Waktu dan Disiplin

Menjadi blogger itu harus pintar pintar bagi waktu dan disiplin, bukan hanya anak sekolahan saja yang harus pintar bagi waktu dan disiplin. Ada kalanya rasa malas datang. Dulu pas kerja kantor pagi sampai magrib pulangnya baru bisa blogging, itu pun kalau dtang rajinnya hehe. Jadi biasanya kalau ada waktu senggang di kantor sih aku sempetin nulis dikit dikit bahkan pernah foto foto produk di kantor. Aku sadar sampai saat ini management waktu ku sangat berantakan (jangan ditiru). Kalau disiplin itu harus. Apalagi kalau bekerja sama dengan orang lain karna menurut aku saat kita disiplin kita menghargai orang yang bekerja sama dengan kita dan pastinya menghargai usaha dan diri kita sendiri. Gak mau kan dibilang gak profesional dan merusak nama kita sendiri. Selain itu harus rajin rajin juga buat kontennya. Semakin banyak dan bagus konten semakin bagus pencapaian kita. Aku sendiri kadang sedih kalau dalam seminggu gak nulis kayak gemes sama diri sendiri gitu (jangan dicontoh lagi gaes). Bulan ini aja aku cuma nulis dua postingan karna kemarin baru pindahan blog dan gawai ku rusak huhu. Insya allah aku harus semangat buat nulis.

Oke itu tadi di sebalik layar perjuanganku jadi beauty blogger. Panjang juga yah curhatanku? udah sampai lima point. Kalau aku tambah nanti curhatnya gak kelar kelar lagi. Sampai di sini dulu yah. Kalau ada yang kurang atau punya pengalaman kayak aku yuk share di kolom komentar, mungkin saja kita senasib hihi.

See you on my next post. Annyeong💋

Beautygoers Social Media
Facebook : Beautygoers FB
Instagram : Beautygoers ID
Blog : Beautygoers ID Blog
Youtube : Beautygoers channel

32 comments:

  1. Haha...bener bangeeet bagian ngapus makeup itu yang gak relaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget kak..gak rela karna effortnya itu loh hehe

      Delete
  2. bagian cobain produk dan makeup itu kadang- kadang bisa bikin mood happy bisa bkin mood kacau haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy kalau cocok atau makeupnya bagus, kalo gak cocok jadi sedih hihi

      Delete
  3. Aku juga sering begadang buat nulis artikel. Apalagi pas deadline lagi ketat banget, bisa begadang berhari-hari haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku hampir tiap hari beb soalnya udah kebiasaan :( sedih juga sih karna itu kebiasaan buruk buat tubuh dan kulit

      Delete
  4. bener banget beb, aku juga ngerasa banget kalo bagi waktu itu penting banget, apalagi kalo dedlen lagi seabreg ya huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pusing sendiri kalo dedlen seabreg tapi bagi waktunya berantakan hehe

      Delete
  5. Makeupnya beberapa jam, ngapusnya bentar �� belom lagi ngambil angle poto yg tepat ya syg. Ternyata, banyak perjuangan dibalik layarnya blog afni ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi banget beb..belum lagi kalo ditulis di blog bisa begadang jdnya wkwk

      Delete
  6. Wah makasih udah masukin link blog aku beb. :D

    btw aku belum pernah nyoba makeup lukis selain natural. lagi kaga akur sama bedak2an. duh, beauty blogger ala-ala amat aku. huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe semua berproses beb. Ini jg makeup lukis pertama ku. Btw follow yah

      Delete
  7. Jadi beauty blogger itu emang nano-nano jg y mbak. G semudah yang dibayangkan. Makasih sharingnya. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  8. Apa itu tidur wkwk bener nih. Begadang mulu. Tp aku skrg lg berusaha utk ga begadang sih😂

    ReplyDelete
  9. Bener banget beb hihi kalo aku sih waktu itu yg kudu memanfaatkan sebaik-baiknya di sela-sela bocah tidur 😂😂

    ReplyDelete
  10. Disiplin waktu ini lho yg jadi peer ku selama ini.
    😂😂😂
    Kudu bisa atur waktu, sama gak banyak alasan klo mau ngerjain apa".

    ReplyDelete
  11. Disiplin jadi salah satu kunci kita sebagai blogger yes

    ReplyDelete
  12. Yesssss disiplin itu no 1 sihh sama konsisten yg harus banget tetep di jaga😍😍

    ReplyDelete
  13. Bener banget nih, sulit jd emg jd blogger, tidak semudah yang dilihat orang.

    etherealpotato

    ReplyDelete
  14. Hahaha iya ngapus make up tuh rasanya duh, macem punya masterpiece eh tapi harus di buang gitu

    ReplyDelete
  15. Yashhh konsisten ya itu sulit bgt karena kadang suka ada aja yg bikin males huhu

    ReplyDelete
  16. I know how you feel beb.. Apalagi aku ada krucil huhhhu

    ReplyDelete
  17. Hapus makeup itu emang agak ga rela gitu ya Beb, karena effort nya lumayan wkwkwk

    ReplyDelete
  18. Bener bangeett,, strugglingnya dapet cintaahh 😂

    ReplyDelete
  19. Bener nih dikejar deadline smpe begadang kadang inspirasi buat nulis malah datengnya malam lagii😂😂

    ReplyDelete
  20. Hahaha penuh perjuangan memang, demi menghasilkan tulisan yang cucmey di blog 😍🔥

    ReplyDelete
  21. Penuh perjuangan banget yah bebs, ada proses di setiap postan blog kitaa

    ReplyDelete
  22. This type of beauty I will return to, but first I want to establish a definition and proper understanding of what "true" beauty is. This is first and foremost whatever attracts us to our true fulfillment and happiness. In his book The Beauty of Holiness and the Holiness of Beauty, John Saward, drawing on the work of St.Thomas Aquinas, defines beauty as: "the gleaming of the substantial or actual form that is found in the proportioned parts of a material things." In other words, while one can find beauty in the outward appearance, one must go deeper to the nature or the essence of the thing. What are CBD bath bombs?

    ReplyDelete
  23. Thus, in a material substance (such as man) there is beauty when the essence of a thing shines clearly through its outward appearance." The beauty of one's soul can be said to shine through a person's countenance. For this to occur, three things are necessary -wholeness (integrity), due proportion (harmony), and radiance (clarity). What is hemp soap?

    ReplyDelete
  24. However, in all fairness the fundamental core of who a person is should at least carry a higher weighted average than what the person looks like. Beauty brands comparison

    ReplyDelete
  25. Nice information, valuable and excellent design, as share good stuff with good ideas and concepts, lots of great information and inspiration, both of which I need, thanks to offer such a helpful information here. beauty 4 u near me

    ReplyDelete
  26. Awesome blog. I enjoyed reading your articles. This is truly a great read for me. I have bookmarked it and I am looking forward to reading new articles. Keep up the good work! beauty for u

    ReplyDelete