Saturday, September 29, 2018

Pengalaman Cari Kerja Via JobStreet

Pernah dengar kalimat “Welcome to the real world” setelah lulus kuliah? Aku rasa banyak dari kita memang sering mendengar kalimat itu. Iyap kalimat ini memang sering digunakan untuk menggambarkan betapa susahnya mencari pekerjaan setelah lulus sehingga mungkin saja menyadarkan diri dari ekspektasi “setelah lulus kuliah bisa langsung dapat  kerja dengan mudah”. Well, inilah “the real world” yang dimaksud.

Hal ini pula lah yang menjadi pengalamanku sewaktu baru lulus kuliah dan merasakan susahnya cari kerja. Sedikit cerita flash back saat aku baru lulus kuliah aku sangat bersemangat untuk mencari kerja. Sayangnya jangankan pekerjaannya, info lowongan kerja pun sangat minim aku dapatkan. cari lowongan kerja di internet juga sulit karena kebanyakan hanya situs gak jelas, judulnya saja yang info loker tetapi gak ada satu pun berisi informasi yang dicari. Sampai suatu waktu aku menemukan portal lowongan kerja yang menjadi solusi bagi aku yang sulit mencari kerja. Portal loker itu adalah JobStreet. Nah, JobStreet itu apa sih?


JobStreet adalah salah satu perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia. JobStreet didirikan pada tahun 1997 dan melayani sekitar 80000 perusahaan peserta dan 11 juta pencari kerja. JobStreet juga merupakan perusahaan yang menyediakan banyak lowongan berkualitas dari banyak perusahaan berkualitas. Info lowongan yang tersedia di JobStreet dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Vietnam. Info lebih lengkap tentang jobstreet kamu bisa mengunjungi www.jobstreet.co.id

Untuk mencari informasi tentang lowongan kerja di JobStreet sesuai keinginan, kita terlebih dahulu harus melakukan semacam registrasi.

Langkah langkah menggunakan dan mencari informasi di JobStreet

  • Daftar akun JobStreet

  1. Pertama buat akun di website jobstreet.co.id

  2. IMG_4726
    Halaman Masuk Jobstreet
  3. lalu pilih option atau tulisan “Daftar Gratis” yang berwarna kuning.

  4. IMG_4731

  5. Kemudian kamu bisa memilih daftar dengan Facebook yang mana data kamu akan diambil dari akun Facebook kamu. Tidak perlu khawatir karena pihak JobStreet tidak akan mengunggah apapun tanpa izin kamu. Cara kedua bisa dengan mengisi data seperti nama depan, nama belakang, alamat email dan kata sandi setelah itu pilih option “mendaftar”.

  6. Kemudian lengkapi beberapa informasi dasar pada profil yang akan dicocokkan dengan informasi lowongan pekerjaan yang kamu inginkan. Profil inilah yang nantinya akan jadi resume yang dikirim ke perusahaan.

  7. IMG_4744

  8. Setelah email divalidasi oleh JobStreet kemudian kamu diminta untuk melihat kecocokan lowongan kerja yang tersedia yang sesuai rekomendasi dari LiNa.

  9. IMG_4743

  10. Kamu bisa memperoleh pemberitahuan lowongan dengan melengkapi profil LiNa. Tau gak LiNa itu apa? LiNa itu seperti agen karir pribadi kamu di JobStreet. Dia akan mencari lowongan yang sesuai dengan kamu menggunakan data yang kamu masukkan. Selain di akun JobStreet mu, agen LiNa juga akan memberikan pemberitahuan di Facebook Messenger atau berlangganan di email. Rentan waktunya tergantung frekuensi yang kamu tentukan sendiri.


  • Mencari lowongan kerja rekomendasi LiNa

IMG_4730

Setelah profil kamu lengkap, LiNa akan merekomendasikan lowongan di beranda akun JobStreet kamu.
  • Melamar pekerjaan
Untuk melamar pekerjaan klik nama posisi yang diinginkan. Sebaiknya pilih yang paling sesuai dengan diri kamu. Setelah diklik akan muncul informasi perusahaan yang diklik tadi. Informasi tersebut berupa posisi yang akan dilamar, nominal gaji yang diberikan perusahaan, syarat melamar, deskripsi pekerjaan, gambaran perusahaan, alasan mengapa harus bergabung dengan perusahaan tersebut, dan opsi siapa yang telah melamar pekerjaan tersebut.

Setelah yakin akan melamar pada posisi di perusahaan tersebut klik “lamar sekarang”. Sebelum lamaran dikirim ke perusahaan kamu disarankan untuk mempromosikan diri kamu yang akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan perekrut.
  • Status lamaran
Setelah apply lamaran ke perusahaan yang kamu pilih, kamu bisa mengecek status lamaran yang kamu kirim tadi. Status lamaran beragam seperti “telah diterima tanggal xx bulan xx”, “perusahaan telah selesai memproses lamaran”, “perusahaan sudah tidak menerima lamaran” dan lain sebagainya. Di fitur status lamaran juga kamu bisa melihat jumlah pelamar pada posisi tersebut.

Sebenarnya portal lowongan kerja semacam JobStreet itu ada banyak. Salah satu yang aku gunakan juga adalah Jobsdb. Sama dengan JobStreet, Jobsdb juga merupakan perusahaan penyedia informasi lowongan kerja. Cara kerja Jobsdb pun hampir sama dengan JobStreet, yaitu keduanya menampilkan info lowongan kerja berdasarkan lokasi yang kita pilih. Bukan hanya itu kita juga bisa melamar pekerjaan yang ditampilkan kedua website tersebut dengan membuat akun terlebih dahulu.

Tetapi ada beberapa hal perbedaan antara Jobsdb dan JobStreet misalnya untuk tampilan halaman pertama Jobsdb, menurut aku simple dan kita bisa langsung mencari info lowongan kerja dengan memasukkan nama atau pekerjaan yang kita inginkan, lokasi dan gaji tanpa harus daftar dan membuat akun terlebih dahulu. Sedangkan di halaman awal JobStreet, kita harus membuat akun terlebih dahulu untuk mendapatkan info lowongan kerja. Tetapi setelah registrasi di Jobstreet informasi lowongan kerja bisa kita dapatkan dari rekomendasi LiNa. Jobsdb pun sebenarnya punya rekomendasi pada saat kita membuat akun namun aku gak pernah dapat rekomendasi lowongan kerja. Mungkin ada trik khusus buat dapatkan itu yang aku belum tau atau belum lakukan.

Kemudian pembuatan resume di Jobsdb harus login lewat computer sementara di JobStreet kita cukup membuat akun dan profil menggunakan handphone.

Aku menggunakan layanan dari JobStreet saat aku lulus pada tahun 2014. Kemudian melamar pekerjaan di perusahaan yang disediakan di JobStreet. Seperti yang aku bilang tadi bahwa di JobStreet terdapat banyak lowongan kerja berkualitas. Beberapa minggu setelah apply lamaran aku dapat SMS dari salah satu Bank besar di Indonesia yang aku lamar melalui JobStreet untuk mengikuti tes tahap awal. Alhamdulillah aku menjalani beberapa tahapan tes dan berjalan dengan lancar hingga tes interview terakhir. Namun aku gagal pada interview itu. Mungkin belum jodoh dengan perusahaannya.

Tapi rasanya senang sekali aku dapat banyak pengalaman berkat mencari lowongan kerja di JobStreeet. Bukan hanya itu aku juga dapat banyak undangan interview dan tes dari JobStreet.

9a1e68d3-8d2e-42c2-8318-8c67849be639.jpg

Pic: Saat selesai tes interview oleh perusahaan tempat aku melamar melalui JobStreet

Kesimpulan

JobStreet merupakan perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia. JobStreet telah melayani 80000 perusahaan peserta dan 11 juta pencari kerja. Beberapa kemudahan menggunakan JobStreet :

  1. Mendaftar di JobStreet bisa dilakukan di handphone sehingga sangat praktis.

  2. Tersedia lowongan kerja terbaru dari berbagai penjuru daerah di seluruh Indonesia dari banyak perusahaan berkualitas dengan lebih detail.

  3. fiturnya lengkap seperti resume yang bisa kita buat sendiri, ada tips dari JobStreet hingga rekomendasi lowongan kerja dari agen LiNa yang bisa pula kita dapat melalui email.

  4. Ada status di setiap lamaran yang kita kirim misalnya “lamaran telah di terima perusahaan”, “perusahaan telah selesai memproses lamaran” hingga status “perusahaan sudah tidak menerima lamaran”

  5. Undangan interview atau tes dikirimkan langsung oleh perusahaan tempat kita apply lamaran melalui email, sms atau pun telepon.

Secara keseluruhan aku sangat suka dengan portal loker ini. Sedikit tips dan saran dari aku agar dilirik oleh perusahaan kuncinya ada di resume yang kamu buat. Resume tersebut tidak hanya membantu kamu mendapatkan pekerjaan baru tapi juga dapat membantu kamu mendapatkan posisi dan gaji yang lebih baik. Buat resume itu seakan-akan kamu mempromosikan diri kamu pada perusahaan.

Nah itulah tadi pengalamanku mencari pekerjaan di portal loker Jobstreet.Semoga bermanfaat dan menjadi solusi untuk kamu yang mungkin saat ini sedang kesulitan mencari pekerjaan.

32 comments:

  1. Maakasih beb infonya berguna banget. Kalau ada sodara tetangga temen yang bingung cari kerja bakalan ku kasih tau ❤❤

    ReplyDelete
  2. website andalan aku pas lagi cari kerja dulu nih, dulu juga dapet kerja dari sini loh hihihi

    ReplyDelete
  3. Wah boleh juga nih coba cari kerja disini nanti kalo udah lulus. Thank you ka.

    etherealpotato

    ReplyDelete
  4. Infonya berguna nih buat cari kerja😍

    ReplyDelete
  5. Aku juga lagi pake jobstreet nih buat cari kerja hehe

    ReplyDelete
  6. Aku dulu juga pernah nih coba cari kerja via jobstreet 😋👌

    ReplyDelete
  7. Dulu pas lagi baru fresh graduate demen banget nih appy via jobstreet. Hihii..

    ReplyDelete
  8. Wah berguna banget blog ini

    ReplyDelete
  9. Berguna banget infonya.. Thanks kak..

    ReplyDelete
  10. Harus buat resume yang menarik ya Beb, thanks for the review

    ReplyDelete
  11. Aku harus mulai cobain nih.. *pengangguran fresh* 😂😂

    ReplyDelete
  12. Alu tiap hari masih di email terus sama mba Lina, biar gak ketinggalan info job terbaru. 😁😁

    ReplyDelete
  13. Aku juga pake jobstreet beb. Dr bbrp tahun lalu...sampe skrg masih terus dpt email lowongan setiap hari. Hihi

    ReplyDelete
  14. Saya juga duli cari kerja dari jobstreet, tp banyan diterimanya yg apply langsung 😃

    ReplyDelete
  15. sama nih, aku juga pernah nyari kerja dari sini haha

    ReplyDelete
  16. Mba Lina tuh bae banget yah..rajin ngasih info job 😊😊

    ReplyDelete
  17. Yukk dicoba. Biasanya kalo fresh lagi semangat2nya nih buat nyari 😁😊

    ReplyDelete
  18. Hihi iya beb, istilahnya "jualan" biar bisa dilirik perusahaan 😊

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah..artinya termasuk tulisannya juga kan? Hehe

    ReplyDelete
  20. Nah..iya kan? Berguna banget buat jobseeker

    ReplyDelete
  21. Semangat cari kerjanya nat 💪🏻

    ReplyDelete
  22. Hihi iya llen, semoga lancar kuliahnya😊

    ReplyDelete
  23. Sama2 beb. Semoga berguna yah buat org sekitar

    ReplyDelete
  24. aku biasa pakai jobstreet untuk cari kerja, cuma jarang yang respon karena mungkin jarang buka lewat web

    ReplyDelete
  25. Dulu aku juga rajin pakai Jobstreet. Tapi hanya sedikit banget yang manggil. Lebih suka apply yang tau dari temen atau job fair gitu.

    ReplyDelete
  26. Aku kalo jobfair justru dikit banget yg manggil dan biasa desek2an apply berkasnya jd lebih suka di jobstreet 😁

    ReplyDelete