Wednesday, March 6, 2019

7 Alasan Aku Menjadi Beauty Blogger

Halo Annyeong

Apa sih yang terbersit dalam pikiran kamu ketika mendengar kata "Beauty Blogger"? Mungkin bagi yang belum mengenal "perjuangan" beauty blogger akan bilang bahwa beauty blogger itu yang suka dapat produk (gratis) terus di-review. Well, memang kalimat itu benar adanya tapi gak sepenuhnya benar yah. Percayalah menjadi beauty blogger itu tidak mudah tapi bisa diraih asalkan bersungguh-sungguh.

Baca juga : Behind the Scene Menjadi Beauty Blogger

Aku misalnya, walau terbilang baru di niche ini tapi aku sering kali merasakan (kebanyakan) gak enaknya. Mulai dari begadang dikejar deadline, dapat produk ternyata gak cocok di kulit, dan masalah teknis lainnya. Aku juga sudah pernah menuliskan "curhatanku" ini di postingan lamaku. Nah terus apa saja alasan atau hal yang mendorongku untuk menjadi beauty blogger?

Sesuai judul post ini ada 7 alasan aku menjadi beauty blogger

Memberi Manfaat Untuk Orang Lain
Baru alasan yang pertama saja udah sok banget yah? Ehehe. Tapi memang niat awalku adalah ingin agar apa yang aku lakukan (dalam hal ini menulis) bisa bermanfaat buat orang lain. Sedikit cerita, aku itu punya tipe kulit yang berminyak dan gampang banget berjerawat. Perjuangan "melawan" jerawat itu mahal dan melelahkan. Bukan hanya itu, secara psikis pun pejuang jerawat itu mudah terguncang. Oleh karena itu tujuan awal aku jadi beauty blogger itu yah agar orang lain dapat belajar dari pengalamanku.

Ingin Menulis
Awal aku membuat blog hanya untuk galau-galauan dan menumpahkan apa yang aku suka lewat tulisan. Setelah itu blogku vakum selama 2 tahun. Kemudian saat itu aku mulai suka sama korea-koreaan. Sampai aku beli beberapa skin care dan kosmetik korea. Aku pun kembali menuliskan barang barang yang aku sukai itu di blog. Tulisan pertama aku tentang beauty itu adalah skincare haul aku saat itu.

Antusias dengan K-Beauty
Siapa sih yang gak mau kulit bening kayak Song Hye Kyo, putih mulus kayak porselain. Iya kan? Tapi jujur aku tertarik dengan K-beauty bukan karena itu. Aku  juga suka sama warna kulit lainnya yang sehat dan terawat. Lalu apa yang buat aku tertarik dengan K-beauty selain oppa oppa Koreanya? Makeup orang korea terlihat lebih sederhana dan natural. Aku suka banget sama beauty vlogger di Korea kerena makeupnya yang sekalipun bold masih tetap terlihat sederhana dan wajar. Selain itu, Kunci kulit cantiknya adalah di perawatan kulit. Salah satunya adalah penggunaan skin care yang tepat. Bahkan mereka punya skincare yang berbeda setiap musim karena di Korea itu ada 4 musim.

Korean beauty vlogger panutanku. Dia juga awalnya seorang blogger loh

Menemukan Circle Baru
Saat aku mulai aktif menulis tentang beauty di blog, aku kemudian ikut blog kolaborasi dengan suatu komunitas beauty. Rasanya senang banget apalagi dengan mengikuti blog kolaborasi ini aku jadi semangat dan rajin menulis. Karena (dirasa) aku semakin aktif apalagi kalau ada kolaborasi post, akhirnya aku bergabung dengan komunitas beauty. Alhamdulillah semakin ke sini semakin banyak teman baru apalagi dengan passion dan tujuan yang sama. Serasa menemukan pasangan 😅

Teman se-passion. Member Makassar Beautygram ❤️

Mengedukasi Melalui Tulisan
Setelah aku masuk komunitas Beauty baik itu di kotaku maupun dengan orang-orang di luar malassar, sedikit demi sedikit aku banyak belajar hal baru. Hadir di berbagai event, diskusi grup sampai blog walking membuat aku belajar banyak hal yang baru aku tahu setelah masuk ke dunia beauty ini. Senang banget rasanya. Tapi sebanyak apapun ilmu yang didapat kalau tidak dibagikan, ia hanya akan mengendap di kepala. Lagi pula (mungkin) masih banyak orang-orang yang belum tahu atau bahkan "sesat" dengan pengetahuan tentang beauty ini. Oleh karena itu aku ingin membagikan apa yang aku dapat melalui tulisa . Eh, ini agak mirip yah dengan alasan pertama? Hehe

Mengembangkan Kemampuan
Dulu itu aku sama sekali gak bisa makeup. Jangankan makeup, ke kampus pake liptint aja gak pernah apalagi complection. Setelah masuk ke dunia beauty ini mau gak mau aku harus belajar makeup. Kenapa? Biar aku berkembang dan tidak melulu menuliskan soal review.

Mengembangkan Karir
Mungkin ini bisa dibilang masih terlalu cepat untuk bicara karir mengingat aku terbilang newbie di dunia beauty dan blogger. Tapi setiap orang harus punya goals agar dapat berkembang dan aku rasa gak ada salahnya menjadikan blog ini sebagai awal membangun karir. Apalagi semakin hari dunia digital semakin berkembang. Iya gak?

Itulah tadi sedikit curhatan dan alasan aku mengapa aku menjadi beauty blogger. Mungkin banyak orang (di luar beauty) beranggapan bahwa menjadi beauty blogger itu enak tanpa melihat perjuangan dan tujuan awal mereka (beauty blogger) seperti apa. Ada istilah "tak kenal maka tak sayang". Jadi marilah kita tetap mensuport dan tidak asal menilai sesuatu jika belum tahu di belakangnya seperti apa.

Annyeong💋

14 comments:

  1. Aku mah awalnya buat catatan pribadi, skincare atau makeup yang aku pakai trus jadi beauty blogger deh

    ReplyDelete
  2. Aku awal jadi blogger karena ketertarikan dengan beauty class yang aku ikutin, karena gak ada wadah berbagi akhirnya aku bikin blog buat sharing tapi blog itu udah lupa passwordnya 😂.

    ReplyDelete
  3. Jadi beauty blogger itu emang ada asyik-asyiknya. Tapi bagian gak asyiknya juta ada. Ya.. seimbanglah ya beb.. semangat terus ya beb.

    ReplyDelete
  4. wah bagian mengedukasi melalui tulisan bener sekali beb, bahwa banyak sekali yang belom tau misalnya tentang suatu produk. Dan memang semakin kenal sama besuyy blogger lainnya semakin bersemangat buat konten.

    ReplyDelete
  5. Aku setuju bgt nih sama tulisan ini. Jadi blogger bkn cm buat dapet produk gratisan tapi karena sharing jugaa

    ReplyDelete
  6. Seru banget bacanya. Aku jadi dapat masukkan deh. Karena aku boleh dibilang masih newbie juga. Dan lebih suka nulis daripada ngomong. Apalagi ketertarikan pada skincare, dan suka aja gitu review2 skincare makanya aku mau jadi blogger yaah walaupun is blog aku masih 3 hihi. Sering ngerasa down juga sih, apalagi lihat org2 sekitar aku yg kurang support. Sebenarnya mereka care tp mungkin caranya aja yg salah. Udah ah sebodo amat ya kan bebs, ini kesenangan Kita Dan gak ganggu orang kenapa harus berhenti 😎

    ReplyDelete
  7. Hmmm...pasti banyak suka dukanya jadi beauty blogger... Aku pun pertama kali memutuskan jadi blogger karena aku suka menulis, aku suka mengekspresikan apa yang ada di kepala dan hatiku lewat tulisan... Dan pilih Niche beauty karena emang dasarnya aku suka make up.. dan aku pingin bisa share pengetahuan aku ttg make up, biar nantinya bisa memberi manfaat untuk orang lain...

    ReplyDelete
  8. Aku awalan sih karna pengen ada kegiatan disela-sela nunggu kuliah selesai sih. Karna aku lebih suka b=nulis dan ada sedikit pengetahuan tentang blog juga jadi milih ke beauty blogger deh hehe dan ya emang bener ketika udah terjun ke dunia beauty banyak banget pertemanan baru dan ilmu baru yang di dapetin

    ReplyDelete
  9. Menyenangkan Dan kalau Aku alasan jadi nulis beauty sebagai evaluasi manfaatnya produk INI APA aja

    ReplyDelete
  10. soal circle baru itu bener banget. semenjak masuk ke komunitas aku juga jadi makin rajin nulis. makin semangat soalnya ngelihat teman lain pada aktif juga ^^

    ReplyDelete
  11. Aku awalnya karena suka nulis aja makanya bikin blog :D

    ReplyDelete
  12. Wah jadi makin semangat nih baca pengalaman kamu.

    ReplyDelete
  13. no 1 juga menjadi alasan Utama aku. karena rasanya bisa bermanfaat buat orang lain itu menyenangkan.

    ReplyDelete
  14. For a mother her child or for instance any child is beautiful as ever. For an artist whose art speaks volume of his excellence beauty lies everywhere or anywhere. For a snake charmer beauty lies in the skin and eyes of snakes. cbd bath bomb benefits

    ReplyDelete