Thursday, March 7, 2019

Bagaimana Membuat Blog [Makassar Beautygram's Third Class]

Halo Annyeong

Di pertengahan bulan Februari kemarin tepatnya tanggal 16 Februari aku menghadiri event yang diadakan oleh Makassar beautygram yaitu kelas belajar bagi para blogger. Kelas ini diadakan sebagai kegiatan dari komunitas sekaligus berbagi ilmu dan pengalaman kepada sesama blogger maupun yang ingin menjadi blogger. Di event ini ada beberapa sesi seperti Beauty class, How to blogging, Sharing session dan Gift exchange. Kegiatan dimulai dengan beauty class terlebih dahulu karena semua peserta termasuk para member diharuskan datang dengan wajah tanpa makeup alias bare face. Beauty class sendiri berlangsung selama 45 menit (kalau gak salah😁) kemudian dilanjutkan ke sesi yang kedua sharing how to blogging.

Sesi Beauty Class

Sesi tukar kado. Aku dapat kado dari Putri 💕

Sesi How to blogging ini diisi oleh dua pemateri yaitu kak Dwi Ananta, seorang Beauty-Lifestlye blogger yang sudah melanglang buana di dunia blog dan aku sendiri hehe. Sebenarnya aku kurang yakin bisa sharing tentang teknis blogging karena aku sendiri masih terbilang baru sebagai blogger. Tapi alhamdulillah aku bisa membantu sedikit dengan pengalaman aku blogging di dua platform. Sayangnya kelas blogging kemarin agak sedikit tidak beraturan dan suasananya kurang kondusif. Awalnya dari pengurus MBG sudah membagi 2 materi, pembahasan platform Wordpress oleh aku dan pembahasan platform Blogspot oleh kak Dwi. Karena ada beberapa point penting yang aku gak sampaikan pada saat itu jadi aku akan sedikit bahas di sini.

Langkah  sebelum memulai blog

Pertama dan yang utama untuk memulai sebuah blog adalah menentukan tujuan mengapa kamu harus nge-blog. Hal ini penting karena dari sini kamu bisa menentukan konten dan arah blog kamu nantinya.

Baca juga :7 Alasan Aku Menjadi Beauty Blogger

Kedua adalah pemilihan platform. Di sini yang umum dipakai ada dua yaitu Wordpress dan Blogspot. Aku sendiri menggunakan kedua platform ini. Kalau ditanya bagus yang mana aku biasanya menjawab keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung penggunanya lebih nyaman di mana.

Ketiga adalah menentukan niche atau topik bahasan. Kalau kamu tertarik ke satu topik bahasan kamu fokuskan konten blog kamu ke situ. Misalkan aku yang memilih Beauty karena aku senang sharing dengan hal yang berkaitan dengan beauty. Tapi kalau kamu ingin lebih dari satu juga gak ada salahnya. Misalnya Techno dan lifestlye atau beauty dan parenting. Asalkan dibarengi dengan tanggung jawab yah.

Langkah awal membuat blog
Aku akan bahas pembuatan blog di Wordpress yah. Tapi kurang lebih caranya hampir sama kok.

Pertama Buat email. Buat email terlebih dahulu yang diperlukan untuk membuat akun pengguna di platform.

Kedua masuk ke CMS/platformnya terlebih dahulu. Untuk Wordpress masuk di www.wordpress.com dan untuk blogspot masuk di www.blogspot.com

Ketiga setelah kamu masuk silakan isikan nama blog yang kamu mau. Misalnya mypinkiroom.wordpress.com. Lalu klik tombol buat situs web.

Pic from google 

Keempat setelah itu akan muncul halaman baru dan ada beberapa kolom pengisian data seperti alamat email, nama (yang akan menjadi nama pengguna kamu di wordpress), dan nama blog (yang diisi di awal tadi). Setelah semua telah terisi lalu klik tombol buat blog.

Kelima Pihak wordpress akan mengirimkan verifikasi di email. Buka email dari wordpress tersebut dan klik link untuk memverifikasi. Setelah itu kamu sudah berhasil membuat blog. Untuk pengaturan blog, kamu bisa cari di kolom pengaturan atau dashboard wp.

Pengaturan tema dan lain-lain bisa kamu atur sendiri sesuai keinginanmu. Namun aku sarankan jangan terlalu banyak memasang aksesoris/widget yang tidak terlalu penting agar blognya gak "berat" yang mengakibatkan akses ke blog jadi lambat.

Nah itulah tadi sedikit penjelasan aku tentang bagaimana membuat blog. Semoga dapat membantu buat kamu yang ingin membuat blog. Seperti yang aku bilang tadi, sebelum membuat blog yang paling pertama adalah tujuan kamu membuat blog. Karena tujuan awal lah yang akan membuat kita bertahan.

See you on my next post. Annyeong💋

2 comments:

  1. Aku dulu bikin blog karena hobi nulis, tanpa ada tujuan blognya mau difokuskan ke topik/tema terntentu. Akhirnya jadi sempat terhenti beberapa waktu sampe akhirnya balik lagi nulis. Walaupun kesannya jadi serius banget, tapi memang tujuan kita blogging itu bakal selalu narik kita balik buat aktif nulis lagi di blog hehe.

    ReplyDelete
  2. Bener banget mba. Dengan adanya tujuan blog kita jadi lebih terarah. Semangat mba 😊

    ReplyDelete